donix's blog

computer
berbicara tetang permasalahan komputer, yaitu yang berkaitan dengan Hardware dan Software
Thursday, May 22, 2008
Microsoft 'Jegal' Laptop Murah
Jakarta - Microsoft memastikan akan menawarkan sistem operasi Windows XP Home Edition bagi produsen laptop murah dengan harga khusus. Namun rupanya ada syarat dari Microsoft untuk mendapat Windows XP obralan itu, yakni laptop murah harus dibatasi kapabilitas hardwarenya.
Pembatasan tersebut seperti ukuran layar harus tak lebih dari 10,2 Inch, harddisk tak boleh melampaui 80 GB, tak diperkenankan adanya fitur layar sentuh, RAM tak melebihi 1 Giga dan prosesornya harus di bawah 1 GHz.
Dokumen program Microsoft yang sesungguhnya rahasia ini dikirim pada para produsen laptop murah namun bocor ke media, pertama kali lewat IDG News Service. Microsoft sendiri menolak mengomentari dokumen tersebut. Mereka menyatakan tak akan membicarakan kesepakatan yang terjadi dengan produsen komputer untuk konsumsi publik.
Adapun pembatasan spesifikasi itu bertujuan untuk mencegah agar laptop murah tak 'memakan' pangsa pasar komputer kelas atas yang bersistem Windows Vista. Hal ini karena jika spesifikasi laptop murah bisa menjalankan Vista, maka ada kemungkinan komputer kelas atas tidak laku.
Spesifikasi laptop murah semacam Eee PC atau OLPC sebenarnya sudah cukup terbatas. Namun tampaknya Microsoft ingin memastikan spesifikasi terbatas itu tetap dipertahankan ketika berjenis laptop murah nantinya akan membanjiri pasaran.
Dengan mengobral Windows XP untuk laptop murah, Microsoft ingin mengantisipasi persaingan dengan sistem operasi Linux yang juga diminati sebagian produsen dalam rangka menekan harga. Demikian seperti dikutip detikINET dari MSNBC
sumber : detikINET. ditulis oleh Fino Yurio Kristo
posted by e-donix @ 6:08 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: e-donix
Home: bukittinggi, sumbar, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Template by

Free Blogger Templates

BLOGGER