donix's blog

computer
berbicara tetang permasalahan komputer, yaitu yang berkaitan dengan Hardware dan Software
Tuesday, May 6, 2008
LCD Memang Lebih Hemat Tapi Ada Solusi Untuk CRT
Berapa banyak perusahaan dan rumah yang masih menggunakan layar komputer CRT? CRT adalah singkatan dari Cathode Ray Tube yang berbentuk seperti TV biasa. Saya rasa masih lebih dari 50% orang menggunakan layar CRT. Kalau anda membeli komputer baru, mungkin anda akan lebih memilih LCD atau Liquid Crystal Display karena harganya pun sudah semakin terjangkau.

Secara teori, CRT dan LCD memiliki perbedaan dimana CRT menggunakan elektron yang ditembakkan ke layar sehingga mewarnai menjadi suatu gambar. LCD memiliki cahaya dibelakang yang konstan dimana intensitas kecerahan menjadi berbeda karena adanya penutupan/penghalangan dari molekul untuk sinar yang melewati panel.

Sebagai perbandingan antara CRT dan LCD secara rata-rata, coba kita lihat tabel dibawah ini.

Parameter Konsumsi Listrik
Monitor CRT Monitor LCD
Konsumsi Listrik Rata-rata 76 W 20 W
Sensitivitas Warna Layar Sangat sensitif. Menggunakan 43% lebih banyak listrik sewaktu menampilkan warna putih pada layar Sama sekali tidak sensitif. Semua warna dianggap sama.
Sensitivitas Tingkat Kecerahan Cukup sensitif. Layar mengkonsumsi lebih banyak listrik pada tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Cukup sensitif. Layar juga mengkonsumsi listrik lebih banyak pada tingkat kecerahan yang lebih tinggi.
Sensitivitas pada kontras Tidak terlalu sensitif. (Hampir tidak ada pada kecerahan rendah) Sama sekali tidak sensitif. Semua kontras menggunakan energi yang sama.
Konsumsi ketika standby 20 W 1-3 W

Beberapa tips untuk menghemat energi komputer anda:

  1. Screensaver walaupun Blank atau tidak ada gambarnya tidak menolong atau hanya beberapa watt saja. Itu hanya menghemat penggunaan fosfor pada CRT dan menambah waktu pemakaian, tetapi tetap menggunakan jumlah energi yang sama sewaktu anda memakai komputer itu. Kalau anda akan meninggalkan komputer lebih dari 15 menit, matikan saja monitor. Itu akan lebih menghemat. Akan tetapi, untuk screensaver pun pasang Blank.
  2. Matikan monitor saat akan pergi makan siang atau rapat.
  3. Monitor yang sering dimatikan dan dinyalakan tidak akan cepat rusak karena monitor lebih tergantung pada banyaknya pemakaian.
  4. Pasang background hitam pada layar.
  5. Bila sering menggunakan Google untuk pencarian data di Internet, gunakan Blackle yaitu pencari data pengganti Google yang ramah untuk monitor CRT.
  6. Gunakan piranti penghemat energi komputer CO2 Saver. Atau set power management komputer anda agar otomatis mematikan monitor setelah 3-5 menit komputer tidak terpakai.

Dari semua penjelasan ini, maka bisa dilihat bahwa LCD akan lebih hemat dan jika anda sedang berencana untuk membeli layar monitor baru, lebih baik membeli LCD.

Akan tetapi untuk anda atau perusahaan yang masih menggunakan layar CRT, bukan berarti kita harus langsung ganti tetapi kita bisa tetap mencari solusi untuk melakukan penghematan.

posted by e-donix @ 2:47 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: e-donix
Home: bukittinggi, sumbar, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Template by

Free Blogger Templates

BLOGGER