donix's blog

computer
berbicara tetang permasalahan komputer, yaitu yang berkaitan dengan Hardware dan Software
Tuesday, May 6, 2008
BLUETOOTH

Berbagai perangkat elektronik dapat berhubungan satu sama lain dengn bergam cara. Sebagai contoh, kebanyakan sistem komputer desktop memiliki unit CPU yang terhubung dengan mouse, keyboard,printer, dan sebagainya. PDA terhubung deengan komputer melalui kabel dan docking cradle (dongle). TV terhubung deengan VCR dan boks kabel deengan remote control untuk ketiga komponen. Ponsel terhubung dengan unit basisnya melalui gelombang radio dan dapat dilengkapi headset yang terhubung dengan telepon melalui kabel.

Jika anda menggunakan komputer, sistem hiburan, atau telepon, beragam elemen dan bagian dari sistem tersebut membentuk komunitas perangkat elektronik. Perangkat-perangkat ini saling berkomunikasi menggunakan beragam kawat, kabel, sinyal radio dan gelombang sinar infra merah, serta sambungan, steker, dan protokol yang jauh lebih beragam.

Seni menghubungkan berbagai hal menjadi semakin bertambah kompleks setiap hari. Dalam seri TI kali ini, kita kam melihat suatu cara yang benar-benar berbeda untuk membentuk hubungan, yang disebut BlueTooth.

PERMASALAHAN

Ketika dua perangkat harus terhubung satu sama lain, keduanya harus menyepakati beberapa hal sebelum hubungan dapat dimulai. Kesepakatan pertama bersifat fisik: Apakah hubungan keduanya dilakukan melalui kawat, atau suatu bentuk sinyal nirkabel? Jika hubungan tersebut menggunakan kawat, berapa yang dibutuhkan? Setelah atribut fisik disepakati, beberapa pertanyaan lain muncul:

  • Informasi dapat dikirim 1-bit setiap waktu dalam skema yang disebut komunikasi serial, atau dalam sekelompok bit (biasanya 8 atau 16 setiap waktu) dalam skema yang disebut komunikasi paralel. Komputer desktop menggunakan komunikasi serial dan paralel untuk menghubungkan berbagai perangkat yang berbeda: Modem, mouse, dan keyboard cenderung terhubung secara serial, sementara printer cenderung menggunakan hubungan paralel.
  • Semua alat yang terhubung secara elektronik harus mengetahui apa arti bit dan apakah pesan yang mereka terima sama dengan yang dikirim. Dalam kebanyakan kasus, hal ini berarti mengembangkan bahasa perintah dan respons yang disebut sebagai protokol.

Berbagai jenis kabel dan penghubung yang begitu banyak sangat menyulitkan untuk memasang dengan benar sebuah sistem yang lengkap. Memasang komputer dan sistem hiburan rumah menjadi sangat rumit jika orang yang membeli peralatan tersebut harus mengingat sema perincian untuk menghubungkan berbagai bagian.

Agar perangkat elektronik di rumah lebih user-friendly, kita memerlukan cara yang lebih baik untuk menghubungkan semua bagian-bagian elektronik dalam kehidupan modern. Disinilah bluetooth berperan.

DASAR-DASAR BLUETOOTH

Bluetooth adalah sebuah standar yang dikembangkan oleh sekelompok pabrik elektronik yang memungkinkan jenis peralatan elektronik apapun -mulai dari komputer dan onsel hingga keyboard dan ehadphone- untuk berhubungan satu sama lain, tanpa kawat, kabel atau tindakan langsung apapun dari pengguna. Bluetooth diharapkan menjadi standar yang bekerja pada dua tingkat:

  • Menyediakan kesepakatan pada tingkat fisik -bluetooth adalah standar frekuensi-radio.
  • Menyediakan kesepakatan pada tingkat berikutnya ketak berbagai produk harus menyepakati kapan bit-bit dikirimkan, berapa akan dikirimkan pada satu waktu dan bagaiman alat-alat yang terhubung dapat memastikan bahwa pesan yang diterima sama dengan pesan yang terkirim.

Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Bluetooth Special Interest Group menginginkan komunikasi radio Bluetooth mengambil alih kawat untuk menghubungkan periferal, telepon, dan komputer.

FREKUENSI BLUETOOTH

Komunikasi bluetooth berada pada frekuensi 2,45 gigahertz yang memang disediakan berdasarkan kesepakatan internasional untuk penggunaan industri, ilmiah dan perangkat medis(industrrial,scientific, and medical, ISM).

Beberapa perangkat yang mungkin sedang anda gunakan memanfaatkan pita frekuensi radio yang sama. Monitor bayi, pembuka pintu garasi, dan generasi terbaru telepon nirkabel memanfaatkan frekuensi dalam pita ISM itu. Memastikan agar bluetooth dan perangkat-perangkat lain in itidak saling mengganggu satu sama lain telah menjadi bagian penting dalam proses desain.

HINDARI GANGGUAN: Daya Rendah

salah satu cara perangkat blutooth untuk menghindari gangguan dengan sistem lain adalah dengan mengirimkan sinyal yang sangat lemah hingga 1 miliwatt saja. Sebagai perbandingan, telepon seluler yang paling kuat dapat memancarkan sinyal 3 watt. Daya rendah membatasi jangkauan perangkat bluetooth hingga kira-kira 10 meter, mengurangi peluang gangguan antara sistem komputer dengan telepon portabel atau televisi anda.

Bahkan dengan daya yang rendah, dinding rumah anda tidak akan menghentikan sinyal bluetooth. Dengan demikian, standar itu berguna untuk mengendalikan beberapa perangkat dalam ruangan yang berbeda.

Dengan beberapa perangkat bluetooth yang berbeda dalam suatu ruangan, mungkin anda berpikir mereka akan saling mengganggu satu sama lain, tetapi hal tersebut tidak akan terjadi.

HINDARI GANGGUAN: Hopping

Beberapa perangkat tidak akan berada pada frekuensi yang sama pada satu waktu, karena bluetooth menggunakan teknik yang disebut spread-spectrrum frequency hopping. Dalam teknik ini, sebuah perangkat akan menggunakan 79 frekuensi sendiri yang terpilih secara acak dalam jangkauan yang ditentukan, berubah-ubah secara teratur.

Dalam kasus bluetooth, pemancar mengubah frekuensi sebanyak 1.600 kali per detik, yang berarti bahwa lebih banyak perangkat dapat memanfaatkan secara penuh irisan terbatas dari spektrum redio. Karena masing-masing pemancar bluetooth menggunakan spread-spekctrum secara otomatis, tidak akan ada dua pemancar dengan freluensi yang sama pada satu waktu. Teknik yang sama ini meminimalisasi risiko gangguan telepon portabel atau monitor bayi terhadap bluetooth, karena gangguan apa pun pada frekuensi tertentu hanya akan bertahan selama sepersekian detik.

Ketika berbagai perangkat bluetooth bersinggungan dalam jangkauan satu sama lain, terjadi sebuah hubungan elektronik untuk menentukan apakan mereka memiliki data untuk dibagi atau apakah salah satu harus mengendalikan yang lain. Pengguna tidak perlu memencet tombol apa pun atau memberikan perintah -hubungan elektronik terjadi secara otomatis. Setelah hubungan terjadi, perangkat – perangkat itu- apakah itu bagian dari sistem komputer atau stereo -membentuk suatu jaringan.

Sistem bluetooth menciptakan personal area network (PAN) atau piconet dengan jangkauan seisi ruangan atau tidak lebih dari jarak antara telepon seluler di pinggang dedngan hedaset pada kepala anda. Setelah piconet dibentuk, perangkat-perangkat itu meloncati frekuensi secara acak dan bersamaan sehingga mereka tetap terhubung satu sama lain dan menghindari piconet lain yang mungkin beroperasi dalam ruangan yang sama.[IM]

Sumber :

· Tabloid PC-Mild Edisi 27 (26 Des 2005 – 08 Jan 2006) Hal 4. AKTUAL (Seri TI)

Informasi lebih lanjut:

· http://electrronic.howstuff work.com/bluetooth.htm

· www.bluetooth.com howitworks.asp

posted by e-donix @ 2:31 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: e-donix
Home: bukittinggi, sumbar, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Template by

Free Blogger Templates

BLOGGER